Saturday, October 12, 2013

Sakaw dan Kebiasaan Buruk

Menjadi Berlimpah


Sakaw dan Kebiasaan Buruk

Cara lepas dari Kebiasaan Buruk


Sakaw adalah keadaan dimana tubuh seperti kecanduan dan meminta dipuaskan, ini adalah pengalaman fisik, dimana tubuh menggigil dan terasa panas dingin, ini dapat pula pengalaman mental berupa hilangnya fokus seseorang dan terus memikirkan bagaimana untuk mendapatkan candu. Sakaw ini disertai juga dengan efek gelisah dan mood negatif.

Sakaw
Saat anda memutuskan untuk lepas dari kebiasaan buruk, ada beberapa waktu yang anda harus hati hati karena tubuh akan sakaw. Ada baiknya anda membuat semacam catatan tanggal kapan anda memutuskan untuk berhenti dan kapan anda sakaw. Biasanya sakaw akan kebiasaan buruk berada di titik 2 hari setelah berhenti, 10 hari setelah berhenti 2 minggu setelah berhenti, 1 bulan 2 bulan 4 bulan dan seterusnya seumur hidup.

Periode sakaw ini berlangsung sebentar waktu dan tidaklah lama. Paling hanya memakan waktu 2 hari. Yang akan anda alami selama periode sakaw ini adalah tubuh seakan menuntut anda untuk melakukan kebiasaan buruk tersebut, dan panas dingin serta menggigil jika tidak dipenuhi. Ini mirip sakaw pada narkoba. Yang perlu anda lakukan saat periode sakaw ini adalah tetap fokus pada tanggung jawab anda dan melalui periode sakaw ini. Setelah 2 hari gejala ini akan mereda. Jika anda menjaga perioda sakaw ini anda tetap fokus pada pekerjaan anda, maka anda menghemat 2 hari hidup anda, tetapi jika anda sampai teralihkan perhatian anda pada kebiasaan buruk anda, maka pagi harinya anda akan bangun dengan semacam perasaan muntah muntah secara mental, seperti orang mabuk yang barusaja bangun, yang ada hanyalah depresi dan penyesalan.

Tidak ada yang mudah dan instan di dunia ini, segala sesuatu dihargai dari proses dan perjuangannya. Anda harus mendisiplinkan tubuh anda dan melewati proses sakaw ini dengan selamat. Tubuh anda mungkin berontak, tetapi anda harus menang melaluinya. Selalu ingat untuk tidak pernah menyerah pada proses sakaw ini dan tetaplah fokus pada tanggung jawab anda, dan tidak teralihkan. Anda arus ingat, nila setitik merusak susu sebelangga, lubang sebuah merusak bendungan besar, satu rubah lepas menggagalkan panen kebun anggur 1 tahun. Anda harus ingat, setiap orang baik dahulunya orang jahat juga, setiap ustad dan pendeta memiliki masa lalu yang kelam, dan jika mereka jatuh sekali lagi, maka hidup mereka akan kembali kelam. Katakanlah kepada otak anda hanya 2 hari, dan tetaplah folus mengerjakan tanggung jawab. Tidak ada makan siang gratis, anda harus membayar harga untuk mendisiplinkan tubuh anda dan mendapatkan kebebasan anda.

Sekali pemabuk tetaplah pemabuk, bedanya dia memilih untuk tidak mabuk, badannya menggigil saat mencium bau minuman, tetapi dia tetap pada keputusannya untuk tidak meminum minuman keras tersebut. Hari berikutnya dorongan itu terasa semakin kuat, badannya menggigil dan terasa panas dalam, pikiran nya terbayang rasa bau dan aroma minuman minuman keras yang dia konsumsi selama ini, tetapi dia memutuskan untuk tetus melangkah dan tidak menoleh kebelakang. Dia terus menerus bekerja dan berkonsentrasi dengan tanggung jawabnya, tubuhnya menggigil dan terasa panas dalam, berat sekali hari ini pikirnya, berkali kali dia harus mengembalikan pikirannya yang teralihkan tetapi dia tetap. 2 hari kemudian dia sudah tidak menggigil dan panas dalam lagi, segala pikiran tentang alkohol pun hilang. Ini adalah periode sakaw yang dialami seorang pemabuk, dan ia akan mengalami periode ini seumur hidupnya, tidak setiap hari, tetapi pada hari hari tertentu setelah dia memutuskan untuk berhenti, seperti hari ke 2, ke 10, ke 14, dst. Dia adalah bekas pemabuk, tetapi dia harus berjuang selama hidupnya untuk melewati fase sakaw dan tidak menyentuh minuman keras sama sekali. Satu teguk minuman keras akan membuatnya kembali tergelincir menjadi pecandu lagi.

Apakah yang menjadi candu anda? Komik? Pornografi? Onani dan masturbasi? Rakus? dll dll, semua prosesnya sama seperti sang pemabuk diatas. Saat anda memutuskan berhenti, anda akan dihadapkan periode periode sakaw selama hidup anda. Yang perlu anda lakukan adalah melewati periode 2 hari tersebut dan menjaga pikiran anda tetap fokus pada tanggung jawab anda. Jangan pernah berpikir untuk menyentuh candu anda walau hanya sedikit dengan alasan apapun. Kejatuhan yang besar dimulai dari runtuhnya kerikil kerikil kecil. Anda tidak dapat mengusir burung pergi dari lingkungan anda, tetapi anda dapat menjaganya agar tidak bersarang di atas kepala anda.

Demikian dari saya, semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment